sekuel khilafah bukan utopia

“telah datang suatu masa kenabian, atas kehendak Allah kemudian berakhir. setelah itu akan datang masa khilafah rasyidah sesuai dengan manhaj kenabian. atas kehendak Allah, kemudian berakhir. lalu akan datang masa kekuasaan yang mengandung banyak kedhaliman. atas kehendak Allah, kemudian berakhir pula. lantas, akan datang zaman para diktator. atas kehendak Allah kemudian berakhir juga. kemudian, akan datang kembali masa khilafah yang mengikuti manhaj kenabian” (HR. Ahmad dan Al Bazzar)

tahun 1625, gerakan misionaris bergerak ke syam setelah sebelumnya berbasis di malta. gerakan itu memang sangat kecil dan hampir tidak terasa. tetapi, pada tanggal 3 maret 1924, daulah khilafah berhasil diakhiri riwayatnya. suatu peristiwa yang tidak pernah terbayangkan akan terjadi 300 tahun sebelumnya, bahkan 100 tahun sebelumnya (era ely smith, tokoh sentral gerakan misionaris)

theodore herzl. dia hanya seorang wartawan. hanya. tetapi ia mempunyai cita-cita besar yang hampir mustahil tercapai untuk ukuran saat itu: membentuk negara yahudi. dimulai dengan konggres basle tahun 1892, herzl demikian gigih memperjuangkan cita-citanya itu. tahun 1948, negara israel tegak berdiri, dan hingga kini menebarkan terornya.

pangeran diponegoro memimpin perang melawan pasukan belanda mulai tahun 1825. sebelum beliau, sudah sekian banyak pejuang kita yang berusaha mengusir para penjajah itu dari bumi nusantara. usaha yang bagi banyak orang saat itu dianggap sia-sia. nyatanya, tahun 1945, indonesia menyatakan kemerdekaannya.

yah, ternyata apa yang dianggap mustahil belum tentu mustahil. apa yang dianggap utopis belum tentu utopis. begitu pula dengan kabar rasulullah tentang kembalinya khilafah. iya, khilafah. orang boleh meragukan. tetapi lihatlah, bahkan rooyah dan liwaa’ sekarang sudah berkibaran di jantung-jantung kapitalisme: inggris, australia, belgia, belanda. juga jerman dan rusia. jangan kau tanya apa yang sudah terjadi di afrika, timur tengah, asia tenggara, apalagi asia tengah.

maka, keraguan akan kembalinya khilafah sejatinya hanyalah keraguan yang berangkat dari ketidakmautahuan terhadap sejarah, juga realita, apalagi wahyu.

besok, 3 maret 2007, tepat 83 tahun sudah khilafah pergi. makin lama ia pergi, makin cepat ia akan segera kembali. bukankah semakin larutnya malam berarti semakin dekatnya pagi?

~ by ahmad nadhif on March 2, 2007.

3 Responses to “sekuel khilafah bukan utopia”

  1. aku lagi online (so what??🙂 )

    ———————–
    iya, so what?🙂

  2. Dalam muqaddimahnya, ketika mengomentari hadits tentang kembalinya khilafah ini, kitab Min Muqaawimaat An-Nafsiyah Al Islamiyah menyatakan,

    “dalam hadits ini terdapat kabar gembira, bahwa khilafah akan kembali lagi dengan izin Allah. Tetapi, khilafah tersebut akan kembali seperti khilafah yang pertama, yaitu kekhilafahan para khalifah yang mendapatkan petunjuk (ar-rasyidah), para sahabat rasulullah saw. maka siapa saja yang berambisi untuk mengembalikannya, dan rindu untuk melihatnya, hendaklah dia melangkahkan langkahnya ke sana, agar dia bisa seperti sahabat rasulullah atau orang-orang yang semisal mereka”.

    Dalam pesannya yang mengharukan di khilafah conference di australia 28 januari lalu, syekh Issam Amera juga mengingatkan kepada para peserta, bahwa setelah keluar dari gedung koferensi, harap peserta memilih tokoh sahabat sebagai figur dan kemudian mencontohnya. Beliau mencontohkan sahabat Bilal, yang tetap kokoh dengan keimanannya meskipun disiksa sedemikian rupa. Atau sahabat Mush’ab bin Umair, yang berani meninggalkan segalanya hanya untuk Islam, dan kemudian dikirim Rasulullah SAW ke Madinah untuk menyebarkan Islam yang akhirnya banyak orang Madinah menjadi muslim, dan Rasulullah hijrah ke Madinah dan memulai negara di sana. Kalaulah tidak mampu menjadi dua sahabat itu, bisa mencontoh Abu Dzar, dia datang ke Makkah untuk berislam, namun dia takut akan ancaman kaum Quraisy, maka Rasulullah berpesan kepadanya untuk kembali kepada kaumnya dan kalau Islam mengalami kemenangan maka hendaknya dia datang. Akhirnya ketika Rasulullah SAW berhasil mendapatkan kemenangan dan mendirikan negara di Madinah, dia datang. Namun dia datang tidaklah sendirian, dia datang dengan membawa 2 suku sekaligus. Subhanalloh.

    Ya Allah,
    Nadhif masih begitu jauh jika dibandingkan dengan para sahabat. Jauh. Sangat jauh. Mana ada sahabat rasulullah yang tega meluangkan waktunya untuk nonton kartun dora the explorer?!! (backing sound: jembatan…hutan…gunung pablo!). maka tolonglah, ya rabb, pinjamkan kepadanya kebebasan camar berteriak, keikhlasan karang menunggu ombak, ketabahan nelayan menembus badai, dan kekokohan Himalaya menghadang segala jenis topan. Agar dia bisa menjadi hambaMu yang manis, semanis para sahabat. Agar dia bisa menyaksikan khilafah tegak berdiri, membasuh luka kaum muslimin sepanjang abad. Amien.

  3. warga sydney ikut nimbrung ya,
    kami bagian dari warga indonesia yang di sydney InsaAllah ikut nimbrung dalam memperjuangkan agama Allah SWT ini dengan kembalinya Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian seperti saudara2 kita dari belahan dunia lainya yang sekarang mati2an dalam memperjuangkan ide ini. Allahuakbar…….100x

    ——-
    Allahu akbar! thank you, brother.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: