udin berangkat ke amerika

atau haruskah aku lari ke hutan dan belok ke pantai? (dicuplik dari ingatan, sebuah penggal puisi dalam “ada apa dengan cinta”)

rencana ketemu udin (teman mendaki gunung dan keluyuran ke hutan-hutan saat di MAPK. jabatannya di PORGI dulu adalah bendahara, meski tidak pernah sepeser pun memegang duit organisasi karena memang tidak pernah ada) bulan september-oktober gagal total. waktu kosongnya hanya sabtu-minggu; sementara dua hari liburnya itu justru hari-hari sibuk bagiku. rencanaku untuk menemuinya beberapa hari setelah lebaran juga tidak terlaksana, karena h+2 dia sudah meninggalkan rumah untuk pergi ke amerika.

malam tadi dia sudah di jakarta. dan sore ini, dia akan terbang ke negara gembrot teroris itu untuk mengadu nasib: bekerja sebagai awak di sebuah kapal di miami. aku hanya bisa berdoa agar Allah selalu menjaganya. tidak lupa aku mengingatkannya untuk hati-hati agar jangan sampai tercebur ke laut. maklumlah, dia tidak bisa berenang. juga pesanku: kalo ketemu bush, tolong tempeleng mukanya pake senjal jepit!

hai, bukankah dulu aku pernah mengarang cerpen tentang udin? (judulnya “bergedel setengah matang”). di situ, kalau nggak salah, aku karang cerita bahwa dia, setelah lulus MAPK, bekerja di sebuah kapal berbendera meksiko, lalu pulang kembali ke indonesia karena tidak kerasan, dan akhirnya ngaji islam politik di madura sana. kok sekarang beneran mo kerja di kapal luar negeri sih? he he. semoga aja suatu saat nanti ia juga ngaji dan terlibat perjuangan pembunuhan kapitalisme (entah dengan cara pulang kembali ke indonesia dan bertemu para pejuang di sini atau justru bertemu para pejuang asing di tengah samudera pasifik/atlantik. amien).

din, berangkatlah dengan hati yang damai. nggak apa-apa kok pecinta gunung dan hutan akhirnya memilih hidup mengarungi laut. insyaallah, keindahan akan tetap kau temui. dan semoga dengan demikian, kau akan semakin merasakan apa yang dulu pernah kita simpulkan: jangan sekali-kali meremehkan alam; apalagi meremehkan pencipta alam!

sweet home, 16 okt 2007

~ by ahmad nadhif on October 19, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: