kepada hati yang diremukkan

?
ada tergores luka di ujung cinta
ada torehan perih di tepian kasih
ilhamkan selembar kata: benci
di lorong kalbu timbul sebuah pahatan tanda tanya
benarkah cinta itu indah?
ombak di laut menggeleng: aku tak mengerti
embun pun menjawab: tak ada dalam catatanku.

bangku kelas 3, MTs negeri tuban

demi Allah, tidak ada niat untuk membuka luka lama dengan terpajangnya coretan masa kecil di atas. aku sudah menghapus semuanya, tanpa sisa. tak ada lagi benci, sungguh.

aku hanya ingin berbagi dengan seorang tetangga, yang hatinya baru saja diremukkan. aku sendiri sulit membayangkan bagaimana perih dan sakitnya, hanya bisa mengira-ngira. karena, sebagaimana terbaca dalam coretan di atas, aku pun pernah terluka, meski dengan derajat yang jauh lebih rendah dan pada usia yang jauh lebih mentah.

pernikahan tetanggaku itu hanya kurang beberapa lagi. aneka kue dan penganan sudah dibuat untuk merayakan hari bahagianya. para kerabat, handai taulan, tetangga, sahabat, dan orang-orang terdekat lainnya sudah dikabari. tapi siapa sangka, calon mempelai putri tiba-tiba membatalkan rencana pernikahan itu, dengan alasan sadis: dia memiliki calon suami yang lain!!

dan benarlah, belum genap seminggu yang lalu, kira-kira satu setengah bulan dari pembatalan pernikahan itu, perempuan itu melangsungkan pernikahan dengan calon suami yang lain yang dimaksudkannya itu, menyempurnakan remuk redamnya hati. ohh..

aku jadi teringat dongeng tentang putri kediri dan mesosuro, yang pernah diceritakan mak sukini, ibu kosku.

mesosuro, manusia sakti berkepala sapi, berniat melamar putri kediri, yang cantik rupawan. sebagaimana dalam dongeng-dongeng serupa, sang putri memberikan syarat aneh-aneh pada pelamarnya. dia meminta mesosuro membuatkannya bengkung jagat, semacam selendang untuk mengikat bumi. dengan kesaktiannya, mesosuro mampu mengabulkan permintaan itu. tapi sang putri belum puas. ia minta syarat lain: buat sumur.

nah, di saat mesosuro berusaha keras menyelesaikan tugasnya menggali sumur itulah, dari atas, putri kediri mengurugnya dengan tanah dan batu. terkuburlah mesosuro hidup-hidup di tangan orang yang dicintainya dalam usahanya mempersembahkan apa yang justru diminta pujaan hatinya itu. luka tidak hanya di hatinya, tapi juga jasadnya.

namun, sesakit apapun, itu hanya dongeng; sementara apa yang dialami tetanggaku bukan. ia ada dalam realita. lukanya nyata.



entah apa maksud Tuhan ketika membiarkan hati hambaNya terluka. tapi aku percaya, selalu ada hikmah dalam setiap musibah. dalam kasus tetanggaku ini, bisa jadi bahwa semua ini hanya skenarioNya untuk mempertemukannya dengan isteri yang jauh lebih baik, entah di dunia atau di akhirat kelak. bisa jadi pula ini adalah skenarionaNya untuk “menyelamatkannya” dari rumah tangga yang menyesakkan dada (andai ia jadi menikah dengan wanita yang menyakitinya itu).

“tetapi mengapa mesti dengan cara seperti ini?”, begitu mungkin tanyanya, sebagaimana aku dulu. tentu hanya Tuhan yang tahu jawabnya. yang aku tahu hanyalah bahwa seringkali justru penderitaanlah yang membuat kita semakin kuat menghadapi berbagai kemungkinan. bahkan jika kita belajar pada alam, justru penderitaan adalah sarana penyempurnaan. bukankah bayi kupu-kupu harus mati-matian berjuang untuk keluar dari lubang sempit kepompongnya semata agar sayap-sayapnya nantinya kuat untuk membawanya terbang mengelilingi taman? bukankah tanah harus diluku dan dibajak dulu agar bisa menyuburkan tanaman? bukankah emas harus digosok keras-keras dulu agar bisa berkilauan?

tokoh gertruida dalam novel parijs van java dengan indahnya merenung,

“barangkali kehidupanku yang sesungguhnya harus diawali dengan kegetiran supaya aku bisa menghargai pengalaman kemenangan”

maka kepada siapapun yang disakiti, dilukai, dan diremukkan hatinya, aku bersimpati dan mengajak menikmati, sesusah apapun itu. jangan, jangan bunuh diri.

~ by ahmad nadhif on October 24, 2007.

13 Responses to “kepada hati yang diremukkan”

  1. thn lalu sy jg mgkn bs dikatakan mngalami hal yg sama, tak ada luka yg tak berhasil dilewati.tp,sewkt kjadian ini, cm bs dirasa dan sempat betul2 jatuh tersungkur. mgkn krn sy benci pengkhianatan, tp memaafkan tenangkan hati.sy menamainya kenangan, yg dianggap musibah namun snrnya berkah🙂
    semoga tetanggamu jg org2 yg tersakiti, terdzalimi, terlukai masih bs menjadi matahari yg menyinari bumi (spt lagunya bang iwan).
    salam…

    >>…juga menjadi daun, yang meski gugur tapi menjadi humus yang menyuburkan tanah (spt yg pernah kau ceritakan ulang).🙂

    • msih mntah juga klo soal cnta aq ni…,,(pdhal udh ckup umur)
      aq pribadi ga trlalu trtarik sm yg namany cnta..,(bukn brarti ga normal). tp klo emnk toh ada yg dpt bad impression dri yg kya gtu yaa…,sabar2 aja ! lagipula skarang bapk/mas/saudara nadhif udh ngdapetin yg lbih dri cukp dri smua yg prnah beliau alami. salut untk beliau ! beliau adlh dosen kebanggaanq !!!
      trus klo buat sang tetangga tanpa nama tdi don’t ever give up aja deh !!

  2. Sungguh itu adalah awal untuk mengerti Cinta Sejati,
    Karena DIA tidak mau diduakan,
    Indahnya skenarioNya, yang pahit dirasakan
    Tapi siraman Cinta-Nya yang akan menyejukkan.

    kita bukanlah sutradara, hanya DIA sebaik-baik sutradara
    DIAlah yang PALING mengerti keperluan hambaNya,
    karena hanya DIA sebaik-baik PENCIPTA.

    Semoga kami menjadi hamba-Mu,
    selalu bersukur,

    selalu ridlo,
    kepada-Mu

    Alhamdulillah, atas pelajaran Cinta yang ENGKAU berikan.
    Songsong Cinta-NYA yang menyejukkan
    melebihi sejuknya embun pagi,

    >>..dan apa saja selainnya..
    thanks a lot, pak.

  3. Cinta Menipu……….
    jangan, janganlah bermain cinta
    kelak syaithon akan memperdayakanmu
    yang melumpuhkan semangat juangmu
    jangan pernah tertipu indahnya cinta dunia
    apapun jua alasan yang mendukungnya

    Karena jebakan cinta itu
    Akan membuat lama kembali semangat sejatimu

    Tapi ada satu
    satu cinta, hanya satu cinta
    Cinta sejatiku……….

    Hanya ada satu cinta untuk-NYA
    cinta kepada 4JJI semata
    dengan mengikuti sunnah Rasul-NYA
    Agar menjadi hamba yang selalu dirahmati-NYA
    mencintai makhluk-NYA hanya karena-NYA
    itulah koridor-NYA

    DIA semata yang akan menyiraminya
    yang selalu menjaga dan memeliharanya
    kelak akan tumbuh bunga yang harum semerbak
    itula cinta yang penuh misteri
    Karena DIA-lah Penciptanya

    dari kami, yang merindukan Ridlo-MU…..

    >>cinta adalah anugerah, juga musibah, bergantung bagaimana kita memperlakukannya. tidak selalu untuk dibunuh, kadang cukup dibuat terlelap..
    doakan siapapun yang sedang jatuh cinta agar tetap berjalan di koridorNya, termasuk saya. thanks a lot.

  4. Semoga yang sedang jatuh cinta
    Tetap berada dalam koridor-NYA
    Cinta dan mencintai hanya karena 4JJI
    Barakallah

    >>ameen..
    wah, jadi ingin baca lagi roudlotul muhibbien-nya ibnul qayyim nih..
    ada yang mo minjemin?🙂

  5. dunia memang serasa runtuh ketika kebetulan ALlah mentakdirkan saya untuk mengalami kepahitan seperti yang diceritakan pada postingan ini …😦
    Alhamdulilah, dukungan dari keluarga dan teman-teman selalu mengiringi, Allah memang yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya.
    untuk yang merasa tersakiti, jangan mengira bahwa kesendirian akan menyembuhkan luka, seperti yang saya kemukakan di atas bahwa dukungan orang terdekatlah (dan tentu saja kepasrahan kepada Allah) yang akan membuat kita bangkit🙂

    >>thanks, kin, sdh berbagi. smg setiap hati yang dilukai, smakin dkuatkanNya. amien.

  6. thnx semuanya

    saat brsedih ketika hati kita telah diremukkan memang pasti selalu ada, karena itu juga ku alami hari ini dan perasaanku lumayan sedih.
    tapi kesedihan itu juga harus kita nikmati, seperti kita menikmati kebahagiaan yang pernah kita dapatkan.
    Alloh pasti punya kehendak lain yang lebih baik, dengan memberi penderitaan, kesedihan dan semua yang membuat kita merasa terpukul dengan suatu kejadian itu. pada hakekatnya kita dilatih untuk menambah kesabaran, dan selalu mendekatkan diri kepada-Nya.
    karena sering kali kita akan lupa kepada Sang Pencipta ketika kita telah mendapatkan kebahagiaan, dan pastinya kita akan kembali ingat ketika kita mendapat suatu cobaan, kepedihan, kesedihan.

    untuk semau yang pernah disakiti dan dihianati, semangaaat semangaaat. jangan pernah jadikan kesedihan itu sebagai pemicu keputus asaan kita!! OK…!!!

    >> OK dech! keren banget komenmu, sinichi. smg bermanfaat bagi semuanya. amien

  7. bunuh diri…? jangan
    bunuh sepi…? sama nyamuk
    bunuh sapi…? itu mah idul qurban…

    >>kalo bunuh sapu? itu sih malas bersih2.😀

  8. […] bersimpati dan mengajak menikmati, sesusah apapun itu. jangan, jangan bunuh diri. – – – – sumber: https://nadhiv.wordpress.com/2007/10/24/kepada-hati-yang-diremukkan/http://www.nadhiv.wordpress.com – […]

  9. […] bersimpati dan mengajak menikmati, sesusah apapun itu. jangan, jangan bunuh diri. – – – – sumber: https://nadhiv.wordpress.com/2007/10/24/kepada-hati-yang-diremukkan/ – […]

  10. salam kenal mas,..

    Yang harus kita yakini memang “Manusia itu menyukai hal yang menurut Allah itu jelek baginya, dan membenci suatu yang menurut Allah itu bagus baginya.”

    Hadapi semua dengan sikap yang bukan baik, tapi paling baik.

  11. semua org penah bercinta,tetapi knpa sidie sanngup mendua kan diriku ini,ats dasar sikap ku

    aku blh berubah tetapi sidie lbh mncintai org laen,kami telah mnjalinkan hubungan selama 2 thn
    ape slahku sampai dikau snggup membuat demikian,aku telah banyak berkorban demi die akn tetapi dikau tetap aku sampah dimata mu.knapa aku di layan sebegitu apa slh dn dosa ku sampai ko tergamak buat aku mcm nie
    kwn2 blh kah ada sumu tlg tenahkan fikiran ku yg tidak bergnti memikirkan die dan hatiku tidak terhenti mencintai die

  12. […] bersimpati dan mengajak menikmati, sesusah apapun itu. jangan, jangan bunuh diri. – – – – sumber: https://nadhiv.wordpress.com/2007/10/24/kepada-hati-yang-diremukkan/ « Ucpan Terima Kasih Puisi untuk pujaan hati […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: