tuan rumah

ranu-regulo-danau.jpg

ahmad nadhif. acapkali terbuai oleh damai angin pagi, romantisme gerimis senja, dan dingin beku batu-batu kali. juga rimba, terutama wangi dedaunannya yang mengendap di tanah basah. dan tentu saja gunung, dengan segala rasa lelah yang ditawarkannya. kerap berubah sendu jika naik kereta api ekonomi, kendaraan paling puitis di seluruh dunia, apalagi jika mendapat tempat duduk dekat jendela. menyukai hampir semua lagu ebiet g ade, iwan fals sebelum masa reformasi, dan sherina munaf saat masih kanak-kanak. ingin sesekali nonton wayang sampai tuntas, jika dalangnya adalah ki enthus susmono atau ki slamet gundhono. sering merasa tersiksa di keramaian, apalagi di tiga tempat berikut ini: mall, mall, dan mall! tetap geram menyaksikan para penguasa pengkhianat, yang terus saja membungkuk-bungkuk di bawah ancaman tongkat dan iming-iming wortel amerika. berharap sempat menyaksikan bagaimana kelak patung liberty hancur berkeping-keping disambar bulan sabit yang memeluk secercah bintang.

and say, โ€œthe second caliphate will soon arrive; and capitalism will subsequently perish, since any falsehood is by its nature bound to perishโ€ (adapted from 17:81)


25 Responses to “tuan rumah”

  1. Bos! 17:81 itu kitab apaan?

    Ohya, saya barusan dikeluarkan dari Uner. Sebenernya sy mw ngajak ente dalam sebuah proyek penterjemahan. Tapi ya terserah nt aja…

    Kalo tertarik, sms aku ya…!

    >>kitab yang jika diturunkan pada gunung, maka gunung itu akan hancur karena ketakutan. makanya, kalo mbaca tuh diangen-angen sak maknane!๐Ÿ˜€
    sy jg baru aja dikeluarkan dari UM!๐Ÿ˜€

  2. hmm mall ya? simbol apa? mall memang bukan tempat untuk bersosialisasi dan hidup. mall itu tempat dagang. representasi dari sesuatu yang bisa ditukar dengan uang.

    >> simbol kerakusan kapitalisme. biasanya dibangun di atas penderitaan pedagang-pedagang kecil, juga di atas tanah resapan. dan parahnya lagi, mal membuat org2 makin individualis karena antara penjual dan pembeli nihil komunikasi. so, sakitnya sebuah kota, bisa diukur dengan berapa banyak mal yang dimilikinya. terdengar serius banget ya? he he.

  3. salam kenal y..

    >> oke, salam kenal, mas indra.

  4. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Salam kenal ya, Pak.๐Ÿ™‚ Saya lihat linknya di blog Kak Rusdin. Luar biasa! Ajari juga ya, supaya alin juga bisa pintar dan sehebat Bapak.๐Ÿ™‚
    Wassamu’alaikum wr.wb

    >>w3. iya, nak. sini, bapak ajari.๐Ÿ˜€

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam kenal ya ?

    Suka wayang juga?

    >> wa’alaykum salaam wr. wb. iya, pak guru. tapi, dalangnya musti dua org itu. kalo lainnya, banyak nggak mudhengnya. he he.

  6. Assalamu’alaikum wr wb.

    Salam kenal๐Ÿ™‚
    Blog yang bagus, diisi oleh keindahan kata-kata disetiap sudutnya, dan semoga juga oleh cahaya๐Ÿ˜€

    >> wa’alaykum salam wr. wb. salam kenal juga. thx utk pujiannya; amien untuk doanya. ๐Ÿ™‚

  7. ๐Ÿ™‚

    >>๐Ÿ™‚

  8. Hay…!
    jadi, kamu guru? hmm… good! absolutely!

    akhir-akhir ini aku ngerasa gamang. hidup gak, mati gak.
    pernah merasa begitu?
    aku cerita sama temenku, tapi mereka nggak ngerti.

    >> sapa bilang?! thx, btw.
    pernah gak ya aq merasa bgitu? ah, lupa. ceritakan sj padaNya. Dia akan mengerti bahkan sebelum kau bercerita. smg muthmainnah๐Ÿ™‚

  9. si-Nya itu yang bikin aku nggak hidup nggak mati.
    aku lagi agak ‘gimana’ gitu sama si-Nya itu.

    pernah ngerasa useless nggak? nggak berharga buat hidup apalagi buat mati (dengan asumsi bahwa mati adalah hidup yang sebenar-benarnya)?

    harusnya nggak gini sih. aku nggak minta ketemu Tuhan kayak Musa terus pingsan setelah ngeliat. hanya aja, aku mempertanyakan banyak hal akhir-akhir ini. losing my religion.

    kata salah satu temenku, mempertayakan belum tentu meragukan. tapi buatku, mempertanyakan berarti berusaha menguatkan semua ‘konsep’ di kepala.

    hal lain, aku jadi nggak bisa mikir yang lain gara-gara ini.

    bukan cinta๐Ÿ™‚. buatku cinta sudah selesai.

    >> oke, apa yang kau pertanyakan? mari kita bicarakan. andai butuh privasi, boleh lewat email. semoga musnah semua gelisahmu.

  10. Salam
    Salam kenal, blog yang mencerahkan๐Ÿ™‚

    >> slm kenal jg. ky detergen aja, mencerahkan.๐Ÿ™‚

  11. Mas tapak Merah, gimana sih caranya report abuse di wordpress? kalo di Multiply aku tahu. kemaren tuh kan aku komen di blognya R*****. trus hari ini aku liat komenku di edit sama dia. jadi apa yang aku tulis nggak ada. yang ada malah yang nggak aku tulis. aku agak sakit hati (nih aku nulis dengan hati berdarah). masalahnya, selama ini aku udah minjemin buku, nolongin, yah, segala macem lah. termasuk mendiskusikan beberapa hal di telepon dan kadang apa yang aku bicarain dia tulis juga di blognya sebagai pemikiran dia gitu. terus tiba-tiba dia kayak gitu cuma karena komenku “agak” membuat dia kelihatan nggak keren. mungkin dia juga ngerasa bakal merusak penjualan bukunya.
    gimana ya Mas?

    aku jadi ngerasa bodoh sendiri udah nolongin dia.

    But, I hope, I can trust you…

    >> wah, aku juga ga tahu tuh mer. maaf ya. turut prihatin dg berdarahnya hatimu. pasti sakit ya rasanya? sabar. btw, lain kali kalo nolongin org ga usah mengharap apa2, biar ga terlalu kecewa kalo ternyata tdk sesuai dg kenyataan. ikhlaskan saja, mer. ikhlas.
    *sbenarnya kamu bs aja menumpahkan uneg-unegmu ini di blogmu. tp kusarankan jangan. nggak baik kan ngomongin kejelekan sesama? karena itu pula, nama org itu aku edit dari komenmu. sorry.

  12. oh iya, satu lagi… sekalian kasih nasehat lah, gimana menghadapi orang kayak gini. huhuhu… saya merasa dimanfaatkan trus dicampakkan nih. yah, kalo bisa kasih nasehat menghibur (???) huhuhu…

    >> sebelum ngadepin dia, siapkan cd tom n jerry sbanyak2nya. giliran marah, segera tonton cd itu dan bayangkanlah kamu jadi jerrynya, hehe. n once again: ikhlaskan aja. marah bikin cepat tua n ga produktif. hehe.

  13. akhirnya aku malah nonton Friends sambil minum teh manis (kopi bikin maag kambuh) dan biskuat bolu banyak-banyak. berakhir dengan hang-over di pagi hari. aku malah buat curhat di blogku, melanggar nasehatmu, Mas Tapak. Abisnya masih berdarah-darah nih… Betewe, Mas Tapak dah nonton Turtle Can Fly? Ini lebih berdarah daripada kasusku. aku jadi bersyukur…๐Ÿ™‚

    >> iya, kamu cocoknya minum teh aja. jgn ikut2 minum kopi biar nggak ketularan jadi romantis, hehe. turtle can fly? belom tuh. tp kalo bikin brdarah, mending aku gak usah nonton. enakan nonton wayang๐Ÿ™‚. senin besok, di kotaku ada pagelaran wayang lho. dalangnya kebetulan dalang favoritku: ki enthus susmono. pengen banget aku nonton, tp jadwalnya tabrakan sama kajian tafsir-nya dr. ahmad munir (pakar tafsir IAIN Ponorogo). bingung bakalan pilih yg mana๐Ÿ˜ฆ

    oya, mer. selamat bergabung di theme “chaotic soul”. hitam adalah ketangguhan dan misteri, seperti kopi.๐Ÿ˜€

  14. Assalamu’alaikum mas….salam kenal dari mahasiswa anda TI.C

    >>w3. mahasiswa kok manggil dosennya “mas”. mahasiswa apaan tuh?! nggak sopan! hehe.

  15. ya dah afwan dech pak nadhiv……….

    >> hehe, sy becanda lho daf. silahkan panggil “mas” kapan pun, selain di kelas (ntar dimarahi banyak org :>). btw, dah dekat uas nih. belajar yg rajin, ok?

  16. nadiv….
    gw butuh foto lo nih bwt artikel tentang semeru yg akan d taro d majalah. bisa email ke dreaddaddy@xxxxx.com? ASAP!!! thx sebelumnya.

    >>wacks! bukan majalah aneka satwa kan?๐Ÿ˜€

  17. Mas Tapak, suratku belum dibalas ya?

    >> surat? blm nyampe tuh. emg dkirim kmana sih?

  18. assalamu’alaykumwrwb…
    kumaha ustad n pak cik , lama tak sua
    ingin kutatap wajahmu…
    ingin ku dengar gelora “taskif”mu
    ingin ku iringi langkah “ku kejar ALLAH dengan sepeda”mu
    ponorogo need u, be on the prophet way
    from cah darjo di SUMSEL

    >>w3. weleh2, kalo kangen ntar pas mudik lebaran pesawatnya suruh transit and ngetem dulu di grisimai, hehe. –kebalik, akulah yg butuh ponorogo. serius!–๐Ÿ™‚

  19. o ya aa’, ane minta “ruang” dong
    untuk kumpulan “SURAT SAHABAT” koleksi ane…
    syokron

    >> ok. mana? bawa sini!๐Ÿ™‚

  20. askum,,,
    met knal Y pak,,, critany C td cm numpang lewat, tp k0k waktu baca tulisan2 E wuih super keren bgt,,, nambah wawasan ak,,, syukran bgt

    >>w3. thx, syifa. sgl puji hanya bagiNya. slm kenal!๐Ÿ™‚

  21. assalamu’alaykum

    numpank lewat. .

  22. Jika Kereta Api Ekonomi adalah kendaraan paling puitis, seolah saya tidak bisa melihat betapa indahnya dunia. Ketika kepulan asap rokok meradang di sekitar wajah. Membuntu kehidupan udara yang masuk dan keluar lubang hidung. SIAL!! Udah gitu, di samping genk punk. BAUK!!

    >> nah, itu kan semakin puitis? ga selamanya puisi itu tentang yg asyik-asyik..๐Ÿ™‚

  23. salam kenal…
    sebagai makluk Tuhan ,saya seperti katak dalam tempurung tidak begitu peduli dengan keindahan didekat aku berada..
    penelusuran bromo semeru dari gambar ..saudara..
    terkagum dibuatnya …pada hal kalau aku mau dekat 1 jam aku sudah disana….

    >> semoga bisa menjadi inspirasi untuk mendatanginya, karena foto hanya untuk satu indera. slm kenal jg๐Ÿ™‚

  24. Salute!๐Ÿ™‚ Blog yang renyah.

    thx, bro. akhirnya, ente kesasar juga kesini, hehe. lama ga jumpa. kangen nih..๐Ÿ™‚

  25. As.sukses aja bos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: